Apa itu PHP

1. PHP

PHP adalah bahasa script yang ditanamkan di sisi server. pemrograman yang bekerja dalam sebuah web server.Penggunaan PHP memungkinkan sebuah website menjadi lebih interaktif dan dinamis. Data yang dikirim oleh pengunjung website/computer client akan diolah dan disimpan dalam database web server dan bisa ditampilkan kembali apabila diakses.

Beberapa keunggulan yang dimiliki program PHP(Adhi Prasetio 2014):

1. Kesederhaan. PHP memang secara khusus didesain untuk membuat aplikasi web, dan karena itu, PHP memiliki banyak fungsi built in untuk menangani kebutuhan standar pembuatan aplikasi web. Dengan adanya fungsi-fungsi tersebut, maka dalam pengembangan aplikasi lebih mudah karena semua sudah tersedia.

2. PHP bersifat open source. Karena source code PHP tersedia secara gratis, maka hal tersebut memungkinkan komunitas developer untuk selalu melakukan perbaikan, pengembangan dan menemukan bug dalam bahasa PHP.

3. Stabilitas dan kompabilitas. Saat ini, PHP berjalan dengan stabil di berbagai macam sistem operasi dan juga terintegrasi secara baik dengan berbagai macam web server termasuk 2 yang paling terpopuler yaitu IIS dan Apache.

4. PHP dilengkapi dengan berbagai pendukung lain seperti support langsung keberbagai datasabe yang populer.

2. Sejarah Singkat PHP 

PHP diperkenalakan pada tahun 1994 sebagai sebuah kumpulan script freeware yang berbasis perl dan di kenal sebagai”Personal Home Page”Tool. Pembuatnya bernama Rasmus Lerdorf. Ternyata paket tersebut banyak mengundang minat para developer dan profesional. Pada tahun 1995, sebuah milis dibuat untuk menyediakan tempat diskusi termasuk memberikan feedback, perbaikan bug dan ide-ide kode script tersebut.

Pada tahun 1995 Lerdorf mengeluarkan PHP-F1 atau PHP2.versi ini sudah memilki kemampuan untuk mengambil informasi  yang dikirim dari form web dan mengubahnya menjadi variabel yang dapat digunakan.hal yang penting dari fungsi ini adalah bisa manangkap dan mengolah variabel sehingga memungkinkan pengembangan aplikasi web yang interaktif dan lebih kompleks.
Pada tahun 1998 di realeasenya versi 3, PHP akhirnya tumbuh dengan sendirinya.seperti C dan perl, 

PHP adalah bahasa pemograman terstruktur dengan variabel, fumgsi dan kelas. Tidak berhenti sampai disitu, tahun berikutnya dikeluarkan PHP4 dan kemampuan PHP terus ditambah.( Adhi Prasetio 2014)

3. Kelebihan PHP

Beberapa kelebihan yang dimiliki program PHP( Adhi Prasetio 2014):

1. Mengambil informasi dari from berbasis web dan mengunakanya untuk berbagai macam keperluan (menyimpan dalam database, membuat halaman berkndisi berdasakan isi form).

2. Autentikasi dan menulusuri pengujung, yang mana admin bisa mengetahui pengunjung  membuka situsnya.

3. Melayani halaman yang berbeda—beda tergantung pada pengunaan browser atau peralatan.

4. Menampilkan seluruh halaman situs dengan hanya menggunakan satu layout.kalau halamanya statis harus menbuat satu layout untu satu  halaman. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan :
*Tidak mengandung kata kasar
*Tidak berbau porno
*berkomentarlah dengan sopan