Database MySQL

1. Istilah Dasar Database

Banyak istilah dasar yang terkait dengan database. Dibawah ini ada beberapa istlah yang dijelaskan secara singkat.

1. Database menyatakan suatu wadah untuk mengelola data. Sebuah database melibatkan beberapa tabel.

2. Database rasional adalah jenis database yang mencatat hubungan antara tabel dalam bentuk data dalam tabel.

3. Database Management System (DBMS) adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola data dan mengontrol pengaksesan database. Contoh DBMS terkenal adalah Microsoft Acces dan Oracle.

4. Program aplikasi adalah sebuah program komputer yang dutujukan untuk pemakai agar bisa berinteraksi dengan suatu database.

5. System database adalah sistem yang dugunakan untuk berinteraksi dengan database, baik melalui DBMS ataupun program aplikasi.

6. Data adalah bahan mentah yang disimpan dalam database.

7. Informasi adalah hasil pemrosesan data dalam database sehingga menghasilkan suatu bentuk yang berguna bagi pemakai. Berikut adalah gambar dari sistem pemrosesan database yang dapat dilihat pada Gambar :


Sumber : (Abdul Kadir,2010:4)

Gambar 2.1 Sistem Pemorosessan Database


2. MySQL

MySQL tergolong sebagai DBMS (Database Management System). Perangkat lunak ini bermanfaat untuk mengelola data dengan cara yang sangat fleksibel dan cepat berikut adalah sejumlah aktivitas yang terkait dengan data yang didukung oleh perangkat lunak tersebut(Abdul Kadir,2010:10)

a) Menyimpan data kedalam tabel
b) Menghapus data dalam tabel
c) Mengubah data dalam tabel
d) Mengambil data yang tersimpan dalam tabel
e) Memungkinkan untuk memilih data tertentu yang diambil
f) Memungkinkan untuk melakukan pengeturan hak akses terhadap data.

3. Pemahaman SQL

SQL (Structured Query Language) merupakan standar yang dipakai untuk mengakses database modern. Tak mengherankan jika nama tersebut juga tersemat pada nama MySQL. Dalam kenyataanya, kita bisa mengakses data dalam database serta melakukan berbagai operasi lain, sepert imembuat tabel, mengganti tabel dan menghapus tabel menggunakan SQL. Aplikasi phpMyAdmin yang kita pakaipun sebenarnya menggunakan SQL.(Abdul kadir,2010:102)

4. Jenis-jenis Perintah SQL

Adapun perintah atau pernyataan SQL dapat dikelompokan menjadi tiga yaitu:

1. DDL(Data Ddefinition Language) berhubungan dengan perintah untuk mendifinisikan data. Termasuk dalam kelompok ini adalah perintah untuk mebuat databae, menghapus database, menciptakan table , menghapus tabel, dan mengubah tabel.

2. DML (Data Manipulation Language) berhubungan dengan perintah untuk memanipulasi data. Termasuk kedalam kelompok ini adalah pernyataan-pernyataan untuk mengambil data, menambahkan data, mengubah data, dan menghapus data.

3. DCL (Data Control Language) berhubungan denga perintah yang digunakan untuk mengontrol data. Termasuk dalam kelompok ini adalah pernyataan untuk mengatur hak akses terhadap data dan mencabut hak akses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan :
*Tidak mengandung kata kasar
*Tidak berbau porno
*berkomentarlah dengan sopan