Apa itu Website...??

1. Website
1.1 Sejarah Website

World Wide Web (WWW) atau yang lebih dikenal dengan web ditemukan oleh seorang berkebangsaan Inggris yang bernama Sir Timothy John Tim Berners-Lee sekitar tahun 1980-an. Awalnya web dibuat dengan tujuan untuk mempermudah tukar menukar dan memperbarui informasi kepada sesame peneliti di tempat bekerja, yaitu di European Laboratory for Particle Physics (lebih dikenal dengan nama CERN). Teknologi web semakin banyak digunakan untuk pembuatan website hingga web application.

Berikut jenis-jenis website yang beredar saat ini dan mulai menjadi tren:(Dr.Deni Darmawan, S.Pd, M.Si dkk,2013:1)

1. Basic
Secara basic, website disediakan untuk publikasi informasi. Adapun informasi yang akan disediakan adalah beraneka ragam dari profil pribadi hingga company profile.

2. Search Engine
Situs search engine adalah situs yang menyediakan mesin pencari. Search engine secara otomatis mencari dan menyimpan data-data situs yang beredar di internet.

3. Portal
Situs jenis portal merupakan pintu gerbang bagi situs lain seperti halnya juga search engine. Namun, di dalam portal situs-situs tersebut lebih disusun untuk disajikan. 

4. Blog
Blog merupakan buku harian yang terpublish di internet. Seorang pengelola blog dapat dengan bebas menuangkan pikirannya dalam bentuk tulisan ke dalam website.

5. Networking
Situs jenis networking adalah situs penyedia yang menampung member-member untuk membentuk suatu komunitas sehingga member-member di dalam website tersebut dapat saling berkomunikasi dan bertukar pikiran.

6. Forum
Forum adalah situs membership seperti networking tetapi tidak berfokus pada friend relationship seperti situs networking. Situs ini lebih berfokus sebagai ajang diskusi di internet.

7. News
News adalah situs yang mengelola berita untuk di publish ke internet.

8. Event Organizer
Situs jenis ini adalah situs yang mengelola manajemen informasi pengadaan acara.

9. Gallery 
Menyediakan fasilitas publikasi foto dan gambar secara online.

10. Multimedia Streaming
Seseorang dapat menonton atau mendengarkan secara langsung multimedia melalui web. Untuk membangun situs ini diperlukan server yang memiliki koneksi internet yang high dan up stream.

11. E-Commerce
Situs yang bertujuan untuk melakukan perdagangan melalui media internet.

12. E-Learning
Situs yang menyediakan pembelajaran online melalui internet. Pembelajaran dilakukan melalui berbagai media seperti tulisan, gambar hingga multimedia.

1.2 Fungsi Website

Website mempunyai fungsi yang bermacam-macam tergantun dari tujuan dan jenis website yang dibangun, tetapi secara garis besar dapat berfungsi sebagai berikut :

1. Media Promosi
Sebagai media promosi dapat dibedakan menjadi media promosi utama, misalnya website yang berfungsi sebagai search engine atau took online, atau sebagai penunjang promosi utama.

2. Media Pemasaran
Pada took online, website merupakan media pemasaran yang cukup baik karena dibandingkan dengan took sebagaimana di dunia nyata, untuk membangun toko online diperlukan modal yang relative lebih kecil, dan dapat beroperasi 24 jam.

3. Media Informasi
Website portal dan radio atau tv online menyediakan informasi yang bersifat global karena dapat diakses dari mana saja selama dapat terhubung ke internet sehingga dapat menjangkau lebih luas daripada media informasi konvensional.

4. Media Pendidikan
Komunitas yang membangun website khusus berisi informasi atau artikel yang sarat dengan informasi ilmiah.

5. Media Komunikasi
Website yang dibangun khusus untuk berkomunikasi seperti forum yang dapat memberikan fasilitas bagi para anggotanya untuk saling berbagi informasi atau membantu pemecahan masalah tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan :
*Tidak mengandung kata kasar
*Tidak berbau porno
*berkomentarlah dengan sopan