Sistem Informasi

1. Pengertian Sistem Informasi

Sistem informasi tidak harus melibatkan komputer. Sistem informasi yang menggunakan komputer biasa disebut sistem informasi berbasis komputer (Computer Based Informastion System atau CBIS). Dalam praktik, istilah sistem informasi lebih sering dipakai tanpa embel – embel berbasis komputer walaupun dalam kenyataannya komputer merupakan bagian yang terpenting. Dapat disimpulkan bahwa sistem informasi mencakup sejumlah komponen (manusia, komputer, teknologi informasi, dan prosedur kerja), ada sesuatu yang diproses ( data menjadi informasi), dan dimaksudkan untuk mencapai suatu sasaran atau tujuan. (Abdul Kadir, 2013:8)

2. Komponen Sistem Informasi

Sistem informasi mempunyai enam buah komponen, yaitu komponen input, komponen model, komponen keluaran, komponen teknologi, komponen  basis data dan komponen control. Keenam komponen ini harus bersama-sama  membentuk satu kesatuan. Jika satu atau lebih komponen tersebut tidak ada, maka sistem informasi tidak akan dapat menjalankan fungsinya, yaitu pengolahan data dan tidak dapat mencapai tujuannya, yaitu menghasilkan informasi yang relevan, tepat waktu dan akurat.(Prof. Dr. Jogiyanto H.M, M.B.A, Akt,2008:42)

Berikut keenam kompenen tersebut.(Prof. Dr. Jogiyanto H.M, M.B.A, Akt,2008:43-52) :

1. Komponen input
Input merupakan data yang masuk ke dalam sistem informasi. Komponen ini perlu ada karena merupakan bahan dasar dalam pengolahan informasi. Sistem informasi tidak akan dapat menghasilkan informasi jika tidak mempunyai komponen input.

2. Komponen Output
Output merupakan komponen yang harus ada di sistem informasi.  Sistem informasi yang tidak pernah menghasilkan output, tetapi selalu menerima input.

3. Komponen Basis Data
Kumpulan dari data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya, tersimpan diperangkatlunak untuk memanipulasinya. Terdapat tida hal yang berhubungan dengan basis data.

a. Data itu sendiri diorganisasikan dalam bentuk basis data itu sendiri (database).
b. Simpanan permanen (strorage) untuk menyimpan basis data tersebut.Simpanan ini merupakan bagian dari teknologi perangkat keras yang digunakan di sistem informasi. Simpanan yang digunkan berupa hard disk.
c. Perangkat lunak dapat dibuat sendiri dengan menggunakan bahasa pemprograman computer atau dibeli dalam berntuk suatu paket.

4. Komponen Model
Model-model yang digunakan di sistem informasi dapat berupa model logika yang menunjukan suatu proses perbandingan logika atau model matematik yang menunjukan proses perhitungan matematika.

5. Komponen Teknologi
Komponen teknologi nenepercepat sistem informasi dalam pengolahan datanya. Komponen teknologi ini dapat dikelompokan kedalam dua macam kategori, yaitu teknologi sistem computer (perangkat keras dan perangkat lunak) dan teknologi sistem telekomunikasi.

6. Komponen kontrol
Komponen kontrol merupakan komponen yang penting dan harus ada di sistem informasi. Komponen kotrol ini digunakan ubtuk menjamin bahwa sistem informasi yang dihasilkan oleh sistem merupakan sistem informasi yang akurat.

Terdapat klasifikasi komponen kontrol ini secara umum, diantaranya:
a. Pengendalian organisasi.
b. Pengendalian dokumentasi.
c. Pengendalian perangkat keras.
d. Pengendalian keamanan fisik.
e. Pengendalian keamanan data.
f. Pengendalian komunikasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan :
*Tidak mengandung kata kasar
*Tidak berbau porno
*berkomentarlah dengan sopan