Konsep Dasar Sistem



1. Konsep Dasar Sistem

Sistem merupakan kumpulan elemen – elemen yang saling terkait antara satu dengan yang lain dan tidak dapat dipisahkan, untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Untuk itu perlu dipahami konsep dasar sistem itu sendiri.


1.1 Pengertian Sistem

Sistem (system) dapat didefinisikan dengan pendekatan prosedur dan dengan pendekatan komponen. Dengan pendekatan prosedur, sistem dapat didefinisikan sebagai kumpulan dari prosedur-prosedur yang  mempunyai tujuan tertentu. Dengan pendekatan komponen, sistem dapat didefinisikan sebagai kumpulan dari komponen yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya membentuk satu kesatuan untuk mencapai tujuan tertentu.
Untuk sistem yang lebih menekankan pada prosesnya, pendekatan prosedur akan lebih mengena untuk menggambarkan system tersebut. Untuk sistem yang fisiknya lebih terlihat, pendekatan komponen akan lebih jelas digunakan untuk menggambarkan sistemnya.(Prof. Dr. Jogiyanto H.M, M.B.A, Akt,2008:34)

1.2 Klasifikasi Sistem

Suatu sistem dapat diklasifikasikan sebagai berikut. (Prof. Dr. Jogiyanto H.M, M.B.A, Akt,2008:53)

1. Sistem fisik (physical system)
Sistem informasi yang mempunyai komponen-komponen fisik.

2. Sistem alamiah (natural system)
Sistem yang dirancang dan dibuat oleh analis atau pemakai sistem.

3. Sistem pasti (deterministic system)
Sistem berupa informasi yang sudah dirancang dan sudah ditentukan sesuai dengan pemakainya.

4. Sistem terbuka (open system)
Sistem yang berhubungan dengan lingkungan luar. Berupa sesuatu di luar sistem informasi tetapi masih di lingkungan perusahaan atau sesuatu di luar lingkungan perusahaan. 

1.2 Karakteristik Sistem

Suatu sistem mempunyai karakteristik. Karakteristik sistem adalah sebagai berikut. (Jogiyanto Hartono, 2005:3)

1. Suatu sistem mempunyai komponen-komponen sistem (components) 

   Terdiri dari sejumlah komponen yang saling berinteraksi, dan bekerjasama membentuk satu kesatuan.

2. Suatu sistem mempunyai batasan sistem (boundary)

   Merupakan daerah yang membatasi antara sistem dengan sistem lainnya atau dengan lingkungan luarnya.

3. Suatu sistem mempunyai lingkungan luar (environment)

   Suatu sistem yang terdapat diluar batas dari sistem yang mempengaruhi operasi sistem. Lingkungan luar sistem ada yang menguntungkan dan merupakan energi bagi sistem dan ada juga yang merugikan.

4. Suatu sistem mempunyai penghubung (interface)

   Merupakan media penghubung antara subsistem, yang memungkinkan sumber-sumber daya mengalir dari satu subsistem ke subsistem lainnya.

5. Masukkan (Input)

   Energi yang dimasukkan kedalam sistem, yang dapat berupa masukkan perawatan (maintenance input) dan masukkan sinyal (signal input). Masukkan perawatan adalah energi yang dimasukkan supaya sistem dapat beroperasi, sedangkan masukkan sinyal adalah energi  yang diproses untuk mendapatkan keluaran. Sebagai contoh didalam sistem komputer, program adalah maintenance input yang digunakan untuk mengoperasikan komputer, dan data adalah signal input untuk di olah menjadi informasi.

6. Keluaran (Output)

   Hasil dari energi yang diolah dan diklasifikasikan menjadi keluaran yang berguna dan sisa pembuangan. Keluaran dapat merupakan masukkan untuk subsistem yang lain. Misalnya untuk sistem komputer, panas yang dihasilkan adalah keluaran yang tidak berguna dan hasil sisa pembuangan sedangkan informasi adalah keluaran yang dibutuhkan.

7. Pengolah (Process)

   Suatu sistem dapat mempunyai suatu bagian pengolah yang akan mengubah masukkan menjadi keluaran. Suatu sistem produksi akan mengolah masukkan berupa bahan baku dan bahan-bahan lain menjadi keluaran berupa barang jadi. Sistem akuntansi akan mengolah data-data transaksi menjadi laporan-laporan keuangan dan laporan lain yang dibutuhkan oleh manajemen.

8. Suatu sistem mempunyai tujuan (goal)

   Suatu sistem mempunyai tujuan (goal) atau sasaran (objektive) jika tidak maka operasi sistem tidak akan ada gunanya suatu sistem dikatakan berhasil bila mengenai sasaran atau tujuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan :
*Tidak mengandung kata kasar
*Tidak berbau porno
*berkomentarlah dengan sopan